4 Tips Mengatasi Anak yang Sering Menangis

Aqiqah Bdg – Ayah, Bunda, Apakah si kecil mudah menangis? Memiliki anak yang sering menangis bisa menjadi tantangan bagi orang tua. Tips mengatasi anak cengeng dan rewel yang utama adalah dengan mengetahui apa penyebabnya. Pasalnya, banyak anak tidak menangis begitu saja.

Bisa jadi penyebabnya adalah lapar, mengantuk, lelah, atau sekadar mencari perhatian. Untuk itu, diperlukan kepekaan orang tua untuk mengetahuinya. Jangan menyepelekan tangisan anak, sebab hal tersebut dikhawatirkan dapat memengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi anak yang sering menangis, seperti yang dilansir oleh beberapa sumber. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba:

  1. Cari tahu keinginan si kecil. Anak sering menangis karena merasa tidak nyaman, lapar, atau mencari perhatian. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan si kecil.
  2. Sabar menenangkan si kecil. Ketika anak menangis, orang tua harus tetap tenang dan berbicara dengan intonasi yang lembut. Orang tua juga dapat mengelus punggung atau memeluk si kecil untuk menenangkannya.
  3. Mengalihkan perhatian. Orang tua dapat mengajak si kecil bermain atau membicarakan topik lain, seperti mainan atau makanan yang ia sukai, untuk mengalihkan perhatiannya.
  4. Berikan sentuhan atau pelukan. Setelah perhatian si kecil berhasil teralihkan dan ia berhenti menangis, orang tua dapat memberikan pelukan agar suasana hatinya menjadi lebih baik.

Hal terpenting dalam menghadapi anak yang rewel adalah dengan tidak memaksakan sesuatu padanya dan bicara dengan nada keras. Anak menangis juga bisa menjadi tanda ada yang salah dengan tubuhnya, atau sedang merasa sakit. Maka dari itu, orang tua harus selalu mewaspadai dan tahu kapan waktu yang tepat untuk menanggap tangisan anak sebagai hal yang berbahaya.

Semoga bermanfaat!

Sumber gambar: Shutterstock

Penulis: Elis Parwati