Inilah 8 Nutrisi Penting untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

Aqiqah Bdg – Ayah, Bunda, belum tentu makanan yang dilahap anak mengandung gizi dan nutrisi yang cukup untuk membantu tumbuh kembangnya.

Ayah dan Bunda perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk anak dengan cara menyediakan makanan yang sehat.

Berikut adalah 10 nutrisi penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak:

  1. Vitamin A:Vitamin A penting untuk kesehatan mata, otak, dan sistem imun. Sumber makanan yang kaya akan vitamin A meliputi sayuran, sumber Hewani,Hati sapi; Keju; Telur rebus; Hati domba; Telur ikan atau caviar; Jenis ikan seperti, ikan salmon, ikan tuna, dan lain-lain.
  2. Vitamin C: Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Biasanya didapat melalui buah-buahan.
  3. Vitamin D: berfungsi untuk memastikan pertumbuhan sel tubuh yang sehat, menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal, hingga kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dengan baik agar kekuatan tulang tetap terjaga. Beragam makanan yang mengandung vitamin D adalah kuning telur, jamur, salmon, tuna kaleng, dan lain-lain.
  4. Vitamin E: Vitamin E adalah zat antioksidan kuat yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif. Setiap orang perlu menjaga kecukupan vitamin ini agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Seseorang yang kekurangan vitamin E dapat lebih rentan terserang infeksi, mengalami gangguan terkait penglihatan, hingga mengalami kelemahan pada otot. Sumber makanan yang kaya akan vitamin E meliputi kacang almond, alpukat, biji bunga matahari, minyak biji gandum.
  5. Kalsium: Manfaat kalsium cukup beragam, mulai dari memelihara kesehatan tulang dan gigi, membantu kinerja otot, mengoptimalkan fungsi saraf, menjaga kesehatan jantung, hingga membantu proses pembekuan darah pada luka terbuka.Sumber makanan yang kaya akan kalsium meliputi susu, yoghurt, dan sayuran.
  6. Asam Folat: Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang larut dalam air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homoSistein. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel.
  7. Magnesium: Manfaat magnesium untuk kesehatan tulang tidak perlu diragukan lagi. Namun, tak hanya untuk tulang, ada beragam manfaat yang juga dapat Anda peroleh dari mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan magnesium. Ketahui apa saja manfaat magnesium bagi tubuh. Magnesium adalah mineral yang dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan atau suplemen. Dalam tubuh, 60% magnesium tersimpan di dalam tulang dan sisanya tersebar di otot, jaringan lunak, dan darah. Sumber makanan yang kaya akan magnesium meliputi susu, kacang, dan sayuran.
  8. Zat besi: Zat besi merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Dalam menyediakan makanan sehat untuk anak, Ayah dan Bunda perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi anak dan menyajikan makanan yang kaya akan nutrisi-nutrisi penting di atas.

Dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi anak dan menyajikan makanan yang sehat, ayah dan bunda dapat mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Gambar ilustrasi: Google

Penulis: Elis Parwati