Sampai Kapan Seorang Istri Harus Bersabar?

Aqiqah Bdg – Secara harfiah, sabar berasal dari bahasa Arab “al-shabru” yang berarti menahan diri dari keluh kesah. Sedangkan secara istilah, sabar adalah sikap menahan diri atau membatasi jiwa dari keinginannya demi mencapai sesuatu yang baik atau lebih baik.

Sikap sabar, hendaknya dimiliki oleh siapa saja, termasuk oleh seorang istri. Dalam membina rumah tangga, seorang istri harus menahan dirinya dari keluh kesah terhadap sikap suami, perlakuan suami serta ujian yang datang menghampiri.

Namun, meskipun demikian sikap sabar sangat sulit untuk diterapkan. Terlebih lagi jika rumah tangga sedang ditimpa oleh musibah dan cobaan terkait masalah ekonomi, sakit, atau krisis kepercayaan istri terhadap suami dan sebagainya.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa wanita adalah racun dunia. Namun, tahukah kamu? Dalam Islam wanita dianggap sebagai perhiasan dunia. Sebab, perempuan merupakan sesosok yang sangat istimewa. Mereka begitu tegar dan kuat dalam menjalani kehidupan. Akan tetapi, ada waktu dimana mereka dapat berubah menjadi sosok yang rentang dan rapuh.

Haram bagi seorang suami membuat istrinya menangis tanpa hak dan menyakiti sang istri. Saat seorang suami telah berbuat dzalim kepada sang istri, maka itu artinya dia telah melakukan dosa besar dan tubuhnya tidak lagi diharamkan dari api neraka.

Namun, sang istri juga dianjurkan untuk tetap bersabar dalam menghadapi berbagai macam cobaan dalam rumah tangga. Meskipun demikian, Allah SWT menjanjikan keutamaan bagi seorang istri yang sanggup bersabar dalam menjalani rumah tangganya.

Rasulullah SAW menganjurkan agar para istri selalu bersabar terhadap suaminya. Sebab, sikap sabar dapat membuat suami merasa nyaman dan senang berada di dalam rumah. Meskipun hal itu tidak mudah untuk dijalani, namun seorang istri tetap diperintahkan untuk melatihnya.

Istri yang mampu bersikap sabar, niscaya akan menempati kedudukan yang utama di sisi Allah SWT dan Rasulnya.

Keutamaan Istri yang Sabar

  1. Mendapatkan pahala seperti Asiyah

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Asiyah istri Fir’aun.” (HR. Muslim)

  1. Mendapatkan pahala yang lebih tinggi dari amalan sunnah

Dalam Kitab Fathul Bahri disebutkan bahwa istri yang sabar merupakan ciri wanita yang berhati sangat mulia. Suami tentu bahagia memiliki istri yang sabar dan penurut. Sehingga, ia akan memberikan rida dan ketenangan hati kepada istrinya. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits: “Istri yang meninggal dunia dan suaminya ridho terhadapnya, maka ia masuk surga.” (HR. Tirmidzi)

  1. Menjadikan rumah tangga lebih harmonis

Sabar menjadi kunci utama yang harus dimiliki oleh seorang istri untuk menjadikan rumah tangga harmonis dan utuh. Sehingga, kehidupan rumah tangga pun tidak akan dihadapkan dengan konflik yang begitu berarti. Kesabaran sang istri juga bisa menjadi salah satu kunci utama agar hubungan suami istri menjadi semakin kuat dari waktu ke waktu.

Masya Allah, semoga bermanfaat :}

Sumber Gambar: Google

Penulis: Elis Parwati