4 Langkah Menanamkan Akhlak pada Anak Sesuai Syariat Islam

Aqiqah Bdg – Ayah Bunda, anak merupakan titipan terindah dari Allah SWT. Oleh sebab itu, sebagai orang tua berperan penting dalam menjaga dan mendidiknya sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis,

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Mengajarkan adab pada anak itu sungguh lebih baik bagi seseorang daripada bersedekah satu sha’ (makanan)’.” (HR Tirmidzi)

Membentuk akhlak seorang anak sesuai syariat islam sangatlah dianjurkan. Inilah beberapa tips yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk memperkuat fitrah dan adab anak.

  1. Sebagai orang tua, Ayah Bunda harus memberikan teladan yang baik. Sebab, orang tua akan menjadi orang pertama yang akan menjadi contoh yang ia temui setiap hari. Lalu, ada juga guru beserta teman sepermainannya yang akan menjadi contoh selanjutnya. Perlu kita ingat, bahwa orang tua dan siapa pun yang terlibat dalam proses mengajar dan mendidiknya, kelak akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah SWT terkait dengan cara mendidiknya. Oleh karena itu, ajarkan hal-hal baik yang tidak menyalahi aturan syariat islam.
  2. Ajak anak yang usianya telah mencapai 7 tahun (mumayyiz) untuk beraktivitas bersama orang tuanya. Pada umur ini, mereka biasanya sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Maka, dengan mengajaknya beraktivitas bersama bisa membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan sesuai pengetahuannya. Nah, dari sinilah rasa tanggung jawab akan mulai tercipta.
  3. Berikan penilaian terhadap apa yang mereka lakukan, misalnya ketika mereka melakukan hal negatif beritahulah mereka bahwa hal yang dilakukannya keliru. Kemudian ketika mereka melakukan hal yang positif, Ayah dan Bunda bisa memberikan reward dan pujian agar mereka semangat dan bangga terhadap dirinya ketika mereka bisa melakukan kebaikan.
  4. Selalu tanamkan nilai-nilai kebaikan di tengah keluarga. Keluarga merupakan fondasi utama dalam upaya pembentukan Akhlak. Oleh sebab itu, Ayah Bunda harus bisa memberikan pemahaman kepadanya untuk berperilaku jujur, amanah, menepati janji, lemah lembut, santu serta perilaku baik lainnya.

Dengan ini, In Syaa Allah Ayah Bunda bisa memberikan teladan baik bagi mereka. Selain itu, coba juga arahkan mereka untuk membaca atau menonton kisah-kisah teladan Nabi beserta para sahabatnya. Melalui ini diharapkan mereka juga bisa memetik pelajaran dari apa yang telah dibaca atau ditonton olehnya.

Sumber gambar: Pesantren Al Hilal

Penulis: Elis Parwati