Cara Atasi Batuk pada Bayi Tanpda Obat, Yuk Simak!

Aqiqah Bdg – Tahukah Ayah dan Bunda? bahwa untuk mengatasi batuk pada bayi tidak bisa dilakukan sembarangan. cara atasi batuk pada bayi tanpa obat

Bahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) justru tidak merekomendasikan orang tua memberikan obat batuk bebas (tanpa resep dokter) untuk mengobati batuk dan pilek pada anak di bawah 2 tahun. Alasannya, obat batuk di pasaran dapat menyebabkan efek samping yang serius untuk bayi.

Oleh sebab itu, Ayah dan Bunda bisa membantu mengatasi batuk pada bayi dengan berbagai cara alami alias tanpa obat-obatan dengan tips di bawah ini!

1. Tetap Lanjut Berikan ASI

Salah satu cara mengatasi batuk pada bayi tanpa obat yang paling penting yaitu dengan tetap memberikan asupan cairan yang cukup. Ini karena saat bayi batuk, ia perlu minum lebih banyak untuk membantu mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokannya. Oleh sebab itu, terus lanjutkan memberikan ASI eksklusif secara berkala, ya, Bun!

Jika si Kecil sudah mendapatkan MPASI (atau berusia 6 bulan ke atas), pemberian ASI juga boleh diselingi dengan air putih sedikit-sedikit. Selain ASI dan air putih, Bunda juga bisa memberikan jus buah dan cairan hangat, seperti sup sayur ayam hangat, untuk melegakan tenggorokannya sekaligus bantu mengencerkan dahak.

2. Tinggikan Kepala Bayi Saat Tidur

Ayah dan Bunda bisa meninggikan posisi kepala si Kecil saat tidur sebagai cara cepat untuk mengatasi batuk pada bayi. Tidur dalam posisi telentang bisa membuat bayi yang sedang batuk menjadi sulit bernapas lega, karena jalur napasnya tersumbat lendir yang mengalir balik ke atas.

Untuk mengakalinya, coba sangga kepala si Kecil dengan dua bantal tipis yang empuk supaya posisinya sedikit lebih tinggi daripada dadanya.

3. Hindari Bayi dari Paparan Polusi

Paparan virus dan kuman sekarang ada di mana-mana ya, Ayah dan Bunda. Makin sering kita keluar rumah, tentu paparan terhadap virus dan kuman pun makin besar. Nah, ada baiknya jika bayi mulai batuk-batuk, orang tua bisa membatasi untuk membawa si Kecil bepergian ke luar rumah.

Adapun beberapa hal yang dapat orang tua lakukan agar bayi terhindar dari iritasi dan polusi udara adalah sebagai berikut.

  • Tidak merokok di sekitar bayi atau di dalam ruangan.
  • Membersihkan debu karpet menggunakan penyedot debu dengan HEPA filter.
  • Menggunakan pembersih udara ruangan yang memiliki HEPA filter.
  • Menjaga tingkat kelembapan udara di rumah antara 40-50 persen.
  • Menjauhkan hewan peliharaan dari area tempat tidur bayi.
  • Menggunakan seprai dan sarung bantal anti alergi.

4. Gunakan Cairan Saline

Cara mengatasi batuk pada bayi dengan cepat juga bisa menggunakan cairan saline. Cairan saline adalah obat tetes hidung yang terbuat dari air garam steril.

Fungsinya adalah untuk mengeluarkan lendir di hidung dan tenggorokan bayi. Cairan ini juga tersedia dalam bentuk spray. Namun, bentuk spray disarankan untuk anak usia satu tahun ke atas.

Cara menggunakannya pertama-tama, Bunda pangku si Kecil di pangkuan Ayah dan Bunda dalam posisi tegak atau sedikit bersandar dan ongakkan sedikit kepala si Kecil ke atas.

Lalu, teteskan larutan saline sebanyak 2-3 tetes ke rongga hidungnya dengan bantuan pipet.  Diamkan selama sekitar 30 detik, lalu dengan pipet penyedot ingus bayi bersihkan hidung bayi Bunda. Pastikan Bunda telah membaca label kemasan untuk mengetahui dosis penggunaannya, ya.

5. Gunakan Humidifier c ara atasi batuk pada bayi tanpa obat

Ayah dan Bunda juga bisa menggunakan humidifier untuk bantu melembapkan udara sebagai cara alami mengatasi batuk pada bayi.

Udara yang lembap akan menjaga lendir pada saluran napas tetap lembap dan tidak kering. Dengan begitu, si Kecil bisa bernapas lebih mudah dan nyaman, serta mengurangi gatal pada tenggorokannya.

Kapan Batuk pada Bayi Perlu Diperiksakan ke Dokter?

  • Bayi di bawah usia 3 bulan dan mengalami batuk terus-menerus selama beberapa jam.
  • Kesulitan bernapas.
  • Bernapas lebih cepat dari biasanya.
  • Bibir, wajah, atau lidah berwarna kebiruan atau kehitaman.
  • Demam tinggi, khususnya bila batuk tidak disertai pilek atau hidung tersumbat.
  • Demam pada bayi < 3 bulan.
  • Napas berbunyi saat bernapas atau batuk.
  • Batuk berdarah. cara atasi batuk pada bayi tanpa obat
  • Ada suara berisik saat menarik napas.
  • Bunyi mengi saat mengembuskan napas.
  • Bayi tampak lemah, rewel, atau gelisah.
  • Bayi menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, seperti pusing, mengantuk, mulut kering atau lengket, mata cekung, menangis tanpa atau hanya sedikit air mata, pipis lebih jarang atau Bunda jadi lebih jarang mengganti popok.

Sumber: Alodokter

Penulis: Aisyah cara atasi batuk pada bayi tanpa obat