Rekomendasi Bahan Makanan Organik yang Baik untuk Si Kecil

Aqiqah Bdg – Ayah dan Bunda, ada berbagai pilihan makanan yang sehat untuk bayi yang berasal dari bahan organic. Meskipun kandungan nutrisinya tak jauh berbeda dari makanan biasa atau nonorganic, namun makanan organic dklain lebih sehat dan aman dikonsumsi, loh!

Berikut Alasan Makanan Organik Dianggap Lebih Sehat untuk Bayi

Hingga kini, pestisida masih banyak digunakan petani untuk melindungi tanaman dari serangan serangga atau hama. Namun, penggunaan zat kimia ini dapat meninggalkan residu pada produk makanan. Tak heran jika para orang tua kerap mengutamakan bahan organik sebagai makanan sehat untuk diberikan kepada bayinya.

Selain itu, ada alasan lain yang membuat banyak orang tua memilih bahan organik untuk makanan bayi, di antaranya yaitu:

  • Fungsi saluran pencernaan dan daya tahan tubuh bayi belum sempurna, sehingga lebih berisiko terhadap paparan pestisida dibandingkan dengan orang dewasa.
  • Rasa makanan organik dinilai lebih enak
  • Kandungan nutrisi di dalam makanan organik lebih banyak

Pilihan Bahan Makanan Sehat untuk si Kecil dari Bahan Organik

1. Bayam

Pestisida sering digunakan untuk sayuran hijau, termasuk bayam. Jika Ayah dan Bunda khawatir akan paparan residu yang mungkin menempel pada sayuran tersebut, Ayah dan Bunda bisa memilih bayam organik.

Bayam diketahui kaya akan zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh Si Kecil.

2. Kentang

Kentang diduga lebih mudah menyerap pestisida dari dalam tanah. Oleh karena itu, kentang organik dianggap lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi Si Kecil karena bebas pestisida sintetis.

Namun, Ayah dan Bunda dianjurkan untuk tetap mencuci kentang hingga bersih terlebih dahulu sebelum mengolah dan memberikannya kepada Si Kecil agar tetap aman dikonsumsi.

3. Brokoli

Brokoli memiliki tekstur yang sulit dibersihkan. Jadi, Ayah dan Bunda bisa mempertimbangkan untuk memilih brokoli organik yang bebas pestisida agar terhindar dari paparan residu bahan kimia yang sulit terjangkau saat dibersihkan.

4. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah yang diduga memiliki kandungan residu pestisida tertinggi. Agar tetap aman dikonsumsi, Ayah dan Bunda bisa mulai memilih stroberi organik untuk diberikan kepada Si Kecil. Selain itu, stroberi organik juga diketahui memiliki kadar antioksidan 8,5% lebih banyak daripada stroberi nonorganik.

5. Apel dan Pir

Saat mengonsumsi apel dan pir yang kaya serat, banyak orang yang mengupas kulitnya agar terhindar dari kandungan pestisida. Padahal, kandungan nutrisi yang terdapat di kulit apel maupun pir tidaklah sedikit.

Jika Ayah dan Bunda khawatir akan kandungan pestisida di kulit buah, Ayah dan Bunda bisa memilih makanan organik dan tentunya tetap cuci buah dengan air mengalir, ya.

Sumber: Morinaga Platinum

Penulis: Aisyah