Cara Jaga Kesehatan Mental Si Kecil, Yuk Kita Simak!

Aqiqah Bdg – Tahukah Ayah dan Bunda? Menjaga kesehatan mental si Kecil sejak dini amat penting dalam memastikan tumbuh kembangnya berjalan secara optimal.

Pasalnya, kesehatan mental si Kecil, jika dikembangkan dengan baik sejak masa bayi dan balita, akan membantunya dalam menghadapi situasi apapun dan membantunya tumbuh jadi si Kecil dan kelak orang dewasa yang sehat secara utuh.

Memastikan anak grow happy di masa sekarang ini memang memiliki tantangan tersendiri, loh! Agar Ayah dan Bunda dapat membantu Si Kecil selalu sehat dan gembira, Berikut ini cara menjaga kesehatan mental si Kecil!

1. Membuat Si Kecil Merasa Aman

Cara menjaga kesehatan mental si Kecil ini bisa dicapai diantaranya dengan memastikannya tinggal di lingkungan yang aman, dimana ia merasa diperhatikan, disayang, dihargai, dipercaya.

Selain itu, si Kecil juga memiliki hubungan baik serta saling percaya dengan keluarga, teman, dan orang-orang di sekitarnya.

2. Menghindari si Kecil dari Kejadian Traumatis

Kebanyakan anak usia dini memang tumbuh dengan kesehatan mental yang baik. Biasanya gangguan kesehatan mental bisa terjadi apabila ada kejadian traumatis yang memicu anak-anak yang memang dalam kondisi rentan mengalami gangguan kesehatan mental.

Perubahan besar dapat menjadi salah satu pemicunya. Misalnya pindah rumah atau punya adik, dimana si Kecil harus beradaptasi dengan lingkungan atau situasi baru.

3. Ajarkan si Kecil Mengelola dan Ekspresikan Emosi

Jika si Kecil memiliki kondisi mental yang baik, ia akan dapat merasa senang dan memiliki pandangan positif terhadap dirinya, dapat belajar dengan baik, dapat memecahkan masalah dan bangkit dari situasi yang sulit, mengelola dan mengekspresikan emosi dengan cara yang positif, memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan teman-temannya.

4. Ajak si Kecil Bermain

Bermain juga penting untuk mendukung kesehatan mental si Kecil, loh! Saat bermain, si Kecil akan belajar mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya, yang tentunya bagian penting dari kesehatan mentalnya.

Misalnya belajar memecahkan masalah, belajar menahan diri, belajar berinteraksi dengan anak lain, dan mengembangkan kreativitasnya. Bermain juga merupakan aktivitas menyenangkan yang dapat membua si Kecil merasa bahagia.

5. Kenali Gangguan Kesehatan Fisik dan Mental si Kecil

Perasaan negatif pada anak-anak biasanya akan segera berlalu. Tetapi apabila berkepanjangan, maka Ayah dan Bunda perlu membantu si Kecil mengatasinya.

Mengenali tanda-tanda anak mungkin mengalami gangguan kesehatan mental dapat membantu si Kecil segera melakukan bimbingan kepada si Kecil dengan tepat. Beberapa tanda-tanda yang dapat Ayah dan Bunda perhatikan yaitu:

  1. Jika si Kecil terlihat sedih dan mudah marah yang berlebihan secara terus menerus
  2. Merasa sangat cemas
  3. Ketakutan atau mimpi buruk
  4. Mau sendiri terus menerus
  5. Tidak bisa berkonsentrasi
  6. Mengalami perubahan drastis dalam pola makan atau pola tidurnya, dan lain sebagainya.

Sumber: Halodoc

Penulis: Aisyah