Terapkan Prinsip Ini Dalam Mendidik Anak

Aqiqah Bdg – Ayah, Bunda… sudah seharusnya kita memiliki tujuan utama yang sesuai syariat islam dalam mendidik anak. Jangan jadikan pintar dunia dan kaya sebagai tujuan kita mendidik anak, jadikanlah soleh sebagai tujuan utamanya.

Karena tanpa kita didik kayapyn, rezeki anak sudah terjamin oleh Allah SWT. Segalanya sudah Allah catat di Lauhul Mahfuz sebelum ia lahir ke dunia.

Akan tetapi, tidak ada jaminan tentang keimanannya. Oleh sebab itu, orang tuanya lah yang harus berikhtiar untuk mendidik dan menanamkan ajaran sesuai syariat islam sejak dini.

Sufyan Al Tsauri mengatakan,

“Seyogyanya setiap orang tua itu memaksakan anaknya terhadap ilmu agama. Karena kelak ia akan ditanya tentangnya.” (Hilyatul Auliya)

Maka demikianlah seharusnya dan hendaknya para orang tua lebih memperhatikan serta menjadikan pendidikan agama sebagai prioritas dalam mendidik anaknya.

Jangan hanya mencukupkannya dengan ilmu dunia dan memperhatikan karier dunianya saja, bahkan ada yang sampai rela bekerja keras siang dan malam demi mendapatkan harta dan kekayaan dengan alasan hal tersebut demi simpanan anaknya di masa depan.

Padahal, pada hakikatnya sebaik-baiknya simpanan adalah anak yang sholeh, yang dimana kelak akan terus beristighfar dan senantiasa berdoa untuk kedua orang tuanya.

Bahkan ketika orang tuanya sudah meninggal kelak, ia akan lebih membutuhkan doa dari anak-anak sholehnya, dibandingkan kekayaan atau prestasi dunia yang mereka miliki.

Oleh sebab itu mari ayah dan bunda kita doakan anak-anak kita agar menjadi anak-anak yang salih dan salihah, dan kelak secara tidak langsung bisa menjadi “investasi” untuk kita sebagai orang tuanya di dunia bahkan di akhirat.

Dan semoga bisa menjadi kunci dan pemudah kita sebagai orang tuanya untuk menjadi penghuni surga, aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

Sumber gambar: haibunda.com

Penulis: Elis Parwati