Surat Al Quran yang Dapat Bunda Hamil Amalkan

Aqiqah Bdg – Bunda, apa saja sih kegiatan yang dilakukan selama hamil? Daripada melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat, alangkah lebih baiknya jika membaca surat-surat di dalam Al Quran berikut ini! karena, selain menjaga kesehatan bayi dalam kandungan, mendoakan diri sendiri pun sama pentingnya, loh. Yuk disimak!

1. Surah Yusuf

Nabi Yusuf merupakan nabi yang memiliki rupa yang menawan dan berperilaku mulia. Hal ini membuat Nabi Yusuf merupakan seorang yang dikagumi oleh banyak orang yang hidup pada masa itu.

Maka dari itu, membaca surah yusuf ini merupakan salah satu upaya dari Bunda agar si Kecil yang dikandungnya bisa memiliki wajah yang rupawan dan akhlak yang mulia seperti Nabi Yusuf.

2. Surah Al Fatihah

Surah Al Fatihah dikenal sebagai surah pembuka dan disebut sebagai ummul Quran. Surat ini merupakan surat yang paling mulia. Ketika Bunda mengandung, membaca surah Al Fatihah akan mendatangkan ketenangan hati dan menguatkan daya ingatan.

Maka dari itu, surah Al Fatihah ini merupakan surah untuk Bunda mengandung yang dianjurkan untuk dibaca supaya si Kecil yang dikandungnya memiliki ketenangan hati dan daya ingat yang kuat.

3. Surah Yasin

Surah yasin ini merupakan surah yang sudah banyak dibaca oleh orang-orang ketika tahlilan atau yasinan. Hal ini tentu akan memudahkan Bunda mengandung untuk membaca surah ini.

Membaca surah Yasin akan membuat si Kecil yang dikandung oleh Bunda akan mendapatkan ketenangan hati dan terhindar dari godaan setan.

4. Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan bagian dari surat Al Baqarah. Ayat kursi mengandung puji-pujian tentang betapa agungnya Sang Pencipta. Maka dari itu, setiap Bunda yang mengandung, dianjurkan untuk mengamalkan dan membaca ayat kursi.

Dengan membaca ayat kursi, akan menjauhkan Bunda dan si Kecil dari godaan setan dan berbagai macam kejahatan manusia. Selain itu, membaca ayat kursi akan membuat Bunda akan merasa tenang dan tidak cemas.

5. Surah Al Insyirah

Surat ini merupakan surat yang tidak terlalu panjang dan mudah sekali dihapal. Surah Al Insyirah yang dibaca ketika mengandung dipercaya berperan sebagai penyembuh dari berbagai macam penyakit. Di dalam surah ini, Allah menegaskan bahwa selalu ada kemudahan usai kesulitan.

Hal ini bisa meyakinkan dan memberikan stimulus ketenangan kepada Bunda bahwa seberat apapun proses kehamilan yang sedang dialami, akan ada jalan kemudahan di kemudian hari.

6. Surah Maryam

Surah Maryam memuat cerita tentang perjuangan Siti Maryam dalam melahirkan Nabi Isa. Mulai dari proses lahiran hingga doa-doa yang dipanjatkan Siti Maryam kepada Allah. Membaca surah Maryam oleh Bunda saat hamil merupakan sebuah doa yang dipanjatkan kepada Allah supaya persalinan yang akan dilakukan oleh Bunda berjalan dengan lancar.

Selain itu, surah Maryam juga merupakan doa yang dipanjatkan kepada Allah supaya si Kecil yang di dalam kandungan bisa menjadi anak yang berbakti.

7. Surah Al Hasyr

Surah ini merupakan surah ke-59 di dalam Al Quran, yang memiliki keutamaan sebagai pelindung sekaligus penyembuh berbagai macam penyakit yang mungkin saja dialami oleh Bunda selama mengandung. Dengan membaca surah ini, dipercaya akan dapat terhindar dari gangguan jin.

Selain itu, Bunda juga akan didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim oleh Allah SWT. Bunda mengandung bisa membaca surah ini sembari mengusap perut atau dibaca oleh suami sebanyak tujuh kali dan kemudian ditiupkan ke perut Bunda.

Sumber gambar: Griya Al Quran

Penulis: Aisyah