Berapa Banyak Si Kecil Harus Minum Air Mineral?

Aqiqah Bdg – Tentunya Ayah dan Bunda sudah tahu, bahwa air merupakan salah satu komponen yang amat penting dan utama dari tubuh kita.

Tahukah Ayah dan Bunda? Pada usia satu tahun pertama, volume air total dalam tubuh si Kecil bisa mencapai 65-80% dari berat badan, loh! Dan seiring bertambahnya usia, persentasenya menjadi 55-60% dari berat badan saat si Kecil berusia remaja.

Oleh sebab itu, si Kecl membutuhkan cairan yang cukup untuk menunjang aktivitas dan kesehatannya. Nah, tentunya air putih dan air mineral merupakan sumber cairan yang baik bagi si Kecil.

Manfaat Minum Air Putih

Manfaat air putih bagi si Kecil yaitu untuk mendukung kerja organ tubuh, mengatur suhu tubuh, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu proses pencernaan.

Sepanjang hari selama melakukan aktivitas harian, pastinya si Kecil kehilangan cairan tubuh, diantaranya melalui keringat dan saat buang air, sehingga si Kecil perlu minum air putih dengan jumlah yang cukup agar tidak sampai kekurangan cairan atau dehidrasi.

Manfaat Air Mineral

Selain air putih biasa, air mineral juga bisa menjadi pilihan asupan cairan bagi si Kecil. Air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral tertentu, misalnya potasium, magnesium, kalsium, dan sodium. Air mineral bisa berupa air dari sumber air alami yang kemudian diproses untuk menambahkan mineral.

Oleh sebab itu, salah satu manfaat air mineral adalah untuk membantu mendapatkan tambahan asupan mineral bagi tubuh.

Berapa Banyak Anak Perlu Minum dalam Sehari?

Menurut buku  Pedoman Gizi Seimbang 2014, kebutuhan cairan berbeda-beda pada umur masing-masing individu berdasarkan usia, jenis kelamin, massa otot, dan lemak tubuh.

Pada rentang usia 0-12 tahun tubuh memerlukan cairan sebanyak 1800mL, menginjak usia 13-15 tahun jumlah cairan yang dibutuhkan meningkat sebanyak 200mL menjadi 2000 ml atau setara dengan 8 gelas per hari.

Nah, Ayah dan Bunda, pastikan si Kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya, baik itu dari makanan maupun minuman. Tentunya, hal tersebut demi kesehatan dan keberlangsungan aktivitas si Kecil sehari-hari.

Melansir dari laman sahabatnestle.co.id, cairan berupa minuman dapat berasal dari air putih atau air mineral, susu, atau jus buah asli. Sedangkan cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Sumber gambar: popmama.com

Penulis: Aisyah