Tak Hanya Baik Bagi Tulang, Ini Dia Manfaat Lain Kalsium untuk Si Kecil!

Aqiqah Bdg – Jika berbicara soal manfaat kalsium, yang pertama muncul di benak Ayah dan Bunda biasanya yaitu kebaikan kalsium untuk kesehatan tulang.

Tentu saja ini benar, dan karena itu pula kalsium penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Namun, selain untuk kesehatan tulang, masih banyak manfaat kalsium lainnya bagi tubuh, loh! Berikut penjelasannya.

Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain mendukung kesehatan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk mendukung kesehatan gigi si Kecil. Untuk tulang, kalsium berfungsi sebagai bagian penting dari struktur tulang yang membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Sepanjang kehidupan anak, tulang akan terus mengalami perubahan sesuai usia dan berat badan, dalam hal kepadatan maupun bentuk. Sedangkan, mineral yang membentuk email dan dentin pada gigi merupakan mineral yang sama dengan yang membentuk tulang, termasuk kalsium. Tidak seperti tulang, gigi sedikit sekali mengalami perubahan setelah muncul.

Gigi juga bisa dikatakan tak bisa memperbaiki diri setelah ia tumbuh. Penuhi asupan kalsium pada anak untuk menjaga kekuatan gizi pada masa pembentukan gigi, sehingga gigi si Kecil dapat tidak mudah rusak.

Mendukung Fungsi Pergerakan Otot

Manfaat kalsium juga untuk mendukung kerja normal kontraksi otot, termasuk pada otot jantung. Saat otot berkontraksi, kalsium berperan dalam proses interaksi protein dalam otot.

Jika tubuh kekurangan kalsium, maka otot tidak bisa kembali mengendur dengan normal sesudah berkontraksi yangberakibat otot serta bagian tubuh dapat menjadi kaku.

Membantu Peredaran Darah

Dengan mencukupi asupan kalsium harian untuk tubuh, peredaran darah dapat menjadi lebih lancar sekaligus menjaga tekanan darah lebih normal.

Membantu Berbagai Fungsi Tubuh Lainnya

Proses pelepasan hormon dan enzim sebagai pengatur fungsi tubuh pun dibantu oleh keberadaan kalsium di dalam tubuh. Fungsi sistem organ dalam tubuh manusia yang berfungsi dengan baik menandakan kerja hormon dan enzim yang baik dan mempengaruhi hampir Kesehatan tubuh.

Namun, tahukah Ayah dan Bunda? mengonsumsi pangan sumber kalsium saja juga ternyata tak cukup untuk mendapatkan manfaat kalsium karena tubuh membutuhkan zat gizi lain seperti vitamin D untuk dapat menyerap kalsium dengan baik.

Artinya, jika ingin mendapatkan manfaat kalsium secara optimal, Ayah dan Bunda juga perlu pastikan si Kecil mendapat asupan vitamin D yang cukup sesuai kebutuhan. Wah, banyak sekali ya manfaat kalsium untuk tubuh! Jadi, Ayah dan Bunda jangan ragu untuk memberikan kalsium terbaik bagi si Kecil, ya!

Sumber gambar: popmama.com

Penulis: Aisyah