Tips agar Kehamilan Bunda Tetap Sehat, Yuk Ketahui Infonya!

Aqiqah Bdg – Assalamu’alaikum Ayah Bunda …

Menjaga kesehatan tentu sangat penting, terutama bagi Ibu hamil agar janin dapat tumbuh dan berkembang baik hingga akhirnya siap dilahirkan ke dunia. Setiap Ibu yang sedang dalam masa kehamilan pasti ingin tetap dalam kondisi prima.

Kehamilan yang sehat bisa Bunda capai dengan cara menjaga kesehatan diri beserta janin di dalam kandungan. Untuk mewujudkannya, Bunda perlu melakukan upaya untuk selalu menjalankan pola hidup dan pola pikir yang sehat pula.

Ada beberapa Tips Agar Kehamilan Bunda Tetap Sehat. Hal ini dapat dipraktekkan Bunda di rumah untuk mewujudkan kehamilan yang sehat hingga saat persalinan, di antaranya :

1. Rutin memeriksakan kandungan

Bunda sangat disarankan agar berkonsultasi dengan dokter kandungan secara rutin selama masa kehamilan. Agar dokter bisa membantu Bunda untuk mempersiapkan segala kebutuhan selama kehamilan dan menjelang kehamilan.

Melalui ini, dokter juga bisa memprediksi kemungkinan apa saja yang dapat terjadi selama masa kehamilan. Sehingga dokter pun dapat segera memberikan solusinya.

2. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Selain memperhatikan tingkat kematangan setiap makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari bakteri dan nutrisi tetap terjaga, Bunda juga harus selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan berbagai mineral penting seperti kalsium, zat besi dan asam folat agar kondisi kehamilan tetap sehat.

Enam bulan pertama kehamilan Bunda membutuhkan 300 kalori agar kehamilan tetap dalam keadaan sehat. Bunda juga bisa mengonsumsi vitamin prenatal sesuai dosis yang dianjurkan dokter untuk menambah asupan nutrisi.

Hindari ikan yang mengandung tinggi merkuri seperti tuna dan sarden. Kurangi juga konsumsi minuman mengandung kafein dan soda.

3. Tetap berolahraga secara teratur

Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan Bunda untuk berhenti berolahraga. Tetaplah berolahraga secara teratur agar dapat membangun kekuatan dan daya tahan tubuh Bunda. Setidaknya, hal ini juga dapat meringankan rasa sakit dan nyeri selama hamil, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stres.

Jangan memilih olahraga yang beresiko berat atau yang memberikan tekanan berlebih. Lakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, yoga, tenang, pilates dan senam kegel. Namun, jangan dilakukan secara berlebihan apalagi jika sampai mengalami kelelahan atau dehidrasi.

4. Beristirahat dengan cukup

Cara ini sangat efektif untuk tubuh Bunda yang mudah kelelahan selama masa kehamilan. Rasa lelah ini disebabkan oleh kenaikan kadar hormon kehamilan dalam tubuh, ini adalah sinyal dari tubuh untuk memberitahu Bunda supaya mengurangi aktivitas.

5. Hindari rokok dan asap rokok

Ibu hamil sudah sepatutnya menghindari rokok agar kehamilannya tetap sehat. Rokok memiliki zat aktif yang dapat membuat janin terpapar dari zat berbahaya dari rokok tersebut.

Rokok dapat meningkatkan resiko keguguran, kelahiran prematur, cacat lahir, berat badan bayi rendah dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Selain itu, merokok juga bisa beresiko bayi meninggal saat lahir, kehamilan ektopik dan solusi plasenta.

6. Memeriksa kesehatan gigi secara rutin

Hal ini juga penting dilakukan, selama hamil Bunda akan lebih rentan terkena penyakit gusi karena fluktuasi hormon progesteron dan esterogen. Studi menunjukkan penyakit gigi dan gusi juga bisa menyebabkan prematur serta resiko bayi lahir dengan berat badan rendah lebih tinggi.

Hal ini disebabkan oleh bakteri yang bersarang di gigi dan gusi Bunda yang dapat mencapai rahim, sehingga mempengaruhi perkembangan janin.

7. Tetap menjaga kesehatan mental

Tak jarang Ibu hamil yang mengalami perubahan emosi dengan cepat. Namun, jika perubahan suasana hati terasa mengganggu kehidupan sehari-hari, ada baiknya Bunda memeriksakan diri ke dokter agar Bunda tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Bunda, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kandungan. Lakukan pemeriksaan secara rutin agar kondisi Bunda dan janin senantiasa terjaga dan terpantau, sehingga kehamilan yang sehat pun dapat terwujudkan.

Sumber gambar: islampos.com

Penulis: Elis Parwati