Si Kecil Susah Makan Sayur Yuk Simak Tips Sukses Menghadapinya!

Aqiqah Bdg – Pernahkah Ayah dan Bunda mendapati si Kecil kesulitan untuk makan? Seperti tak mau makan sayur. Padahal, sayuran sangat penting bagi kesehatan si Kecil, dan tentunya hal tersebut tidak boleh dibiarkan terjadi begitu saja. Lantas, apa yang harus Ayah dan Bunda lakukan untuk menghadapinya? Yuk, simak tips berikut ini!

1. Tambah Mentega

Bagi lidah si Kecil, sayuran mungkin terasa agak pahit karena lidah mereka masih sensitif. Karena itu, menolak sayuran seperti sudah menjadi insting mereka. Agar si Kecol suka makan sayur, coba Ayah dan Bunda masak menggunakan mentega yang kaya vitamin A, E, dan D3.

2. Pilih Sayuran Segar

Semakin segar sayuran yang diolah, akan semakin lezat rasanya. Karena itu, penting bagi Ayah dan Bunda untuk selalu memastikan kesegaran sayuran sebelum diolah. Usahakan untuk langsung mengolah sayuran yang baru dibeli. Menyimpan sayuran, misalnya disimpan di dalam kulkas dalam waktu lama, bisa mengurangi kesegarannya. Sayuran yang tidak segar pun akan terlihat kurang menarik di piring. Hal ini bisa berakibat si Kecil semakin tidak berselera menyantapnya.

3. Cari Sayuran yang Disukai si Kecil

Di antara banyaknya pilihan sayur, Ayah dan Bunda harus cermat memperhatikan mana yang menjadi kesukaan si Kecil. Sajikan berbagai olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar si Kecil tidak bosan. Perhatikan bagaimana respon dan reaksinya terhadap sayuran yang Ayah dan Bunda sajikan. Kemudian, Ayah dan Bunda bisa mencari berbagai resep dan cara mengolah beberapa sayuran favorit si Kecil agar ia tidak bosan.

4. Kreasi Penyajian

Berikan kesan menyenangkan terhadap makan sayuran dengan tempat makan lucu, atau bentuk penyajian yang menarik. Hindari memaksa si Kecil makan jenis makanan tertentu dengan ancaman atau membuat makan sayur sebagai hukuman. Hal ini malah akan membuatnya semakin enggan bahkan tidak akan mau makan sayur.

5. Jadikan Menu Pembuka

Si Kecil akan lebih toleran dengan menu yang disantapnya saat ia lapar. Karena itu, sebaiknya sajikan sayuran sebagai makanan pembuka. Biasakan si Kecil untuk menyantap sup sayuran, seperti sayur bayam sebelum masuk ke hidangan utama berupa nasi dan lauk. Ini akan meminimalkan alasan si Kecil untuk menolak sayuran.

6. Ajak si Kecil Berpartisipasi

Ajak si Kecil untuk melihat dan membantu Bunda di dapur saat menyiapkan sayuran untuk menu makannya. Melihat perjalanan dan proses sayuran dari mulai dibeli sampai disajikan di piring akan menumbuhkan antusiasme si Kecil untuk mencoba pilihannya sendiri.

7. Konsisten

Melansir dari laman tentanganak.id, bahwa riset menunjukkan anak-anak yang telah mencoba 8-10 jenis makanan baru, termasuk sayuran, akan cenderung menerima makanan tersebut sebagai bagian dari menunya.

Nah, Ayah dan Bunda tidak boleh menyerah dan terus gunakan trik pintar di atas agar si Kecil suka makan sayuran, ya!

Sumber gambar: haibunda.com

Penulis: Aisyah