Wajib Tahu! Ternyata Waktu Makan Si Kecil Tak Boleh Lebih dari 30 Menit

Aqiqah Bdg – Pernahkah Ayah dan Bunda menjumpai si Kecil makan dengan lahap? Dan bahkan, cepat untuk menghabiskan makanan tertentu. Namun, seringkali ada beberapa menu makanan yang terkadang sulit untuk si Kecil terima, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk menghabiskan makanan tersebut.

Itulah yang menjadi keluhan sebagian besar orangtua tentunya. Melansir dari laman Tentanganak.id, bahwa untuk mencegah dan menghindari risiko tersebut, Ayah dan Bunda perlu menerapkan feeding rules secara konsisten lho! Feeding rules adalah aturan dasar pemberian makan pada anak yang terdiri dari aturan jadwal, lingkungan dan prosedur.

Aturan Jadwal berdasarkan Feeding Rules

  • Jadwal makanan utama dan makanan selingan (cemilan) yang teratur
  • Pemberian makan maksimal 30 menit
  • Tidak menawarkan camilan yang lain saat makan kecuali air putih

“Mengapa sih harus buat jadwal makan utama dan selingan yang teratur?”

Tujuan dari feeding rules agar si Kecil mengenal rasa lapar dan kenyang sehingga si Kecil dapat fokus menikmati makanannya. Melakukan hal ini dapat mengurangi risiko GTM (gerakan tutup mulut).

“Anakku nggak bisa cuma 30 menit, nanti makanannya ngga habis”

Lambung memerlukan waktu minimal 2 jam untuk proses pengosongan, jika anak makan terlalu lama akan menyebabkan proses pencernaan tidak optimal. Ketika anak masih kenyang di jam makan berikutnya akan membuat si Kecil GTM.

“Kenapa cuma boleh minum air? Anakku maunya sama susu..”

Air putih lebih baik untuk diberikan karena tidak mengandung tambahan ekstra kalori dan dapat melatih ia menyukai air putih saat dewasa. Menerapkan hal ini dapat mencegah anak kenyang dan/ atau kegemukan.

Penting untuk Ayah dan Bunda ketahui!

(✔️) Memberi air putih secukupnya sebelum dan sesudah makan

(❌) Memberi 1 sendok air putih setiap 1 sendok MPASI, ini mengakibatkan si Kecil tidak belajar mengenal tekstur makanan dan mengunyah sehingga si Kecil kesulitan naik tekstur serta memengaruhi keterampilan bicara.

Masya Allah, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua ya.

Sumber gambar: haibunda.com

Penulis: Aisyah