Kenali Jenis Mainan yang Aman untuk Si Kecil Yuk!

Aqiqah Bdg – Ayah dan Bunda, mainan merupakan benda yang amat berharga bagi si Kecil, karena dengan mainan, mereka dapat merasakan kebahagiaan tersendiri.

Selain itu, memberikan mainan yang tepat kepada si Kecil dapat mendukung perkembangan si Kecil lho! Terdapat banyak bahan permainan yang aman serta mudah didapatkan di rumah, seperti kotak kardus, mangkuk dan lainnya. Maka dari itu, Ayah dan Bunda harus memilih jenis-jenis mainan yang baik untuk si Kecil sesuai dengan usia yang telah disarankan.

Mainan untuk bayi baru lahir hingga 6 bulan

Pada usia ini si Kecil suka melihat benda dengan warna-warna cerah dan juga senang melihat apa yang dilakukan oleh tangan dan kaki mereka, maka disarankan si Kecil memiliki mainan yang dapat diraih, dipegang, dihisap, digerakkan, bersuara dan berwarna cerah.

Seperti kerincingan, icik-icik, teether, boneka lembut, bola mini bertekstur dan board Book.

Mainan untuk bayi 7 hingga 12 bulan

Bayi yang lebih besar sudah lebih memiliki banyak perkembangan pada kemampuan gerak tubuhnya, biasanya si Kecil beralih dari berguling dan duduk, menjadi berguling, memantul, merayap, menarik diri, dan berdiri.

Mereka sudah memahami namanya sendiri dan kata-kata umum lainnya, mengenal bagian tubuh, menemukan benda tersembunyi dan memasukkan serta mengeluarkan barang dari wadah.

Mainan yang bagus untuk usia 7-12 bulan adalah mainan yang mengenalkan konsep sederhana serta mendukung keterampilan motor yang lebih kompleks. Misalnya boneka bayi, mobil-mobilan, balok kayu susun, bebek-bebekan di kamar mandi, bola besar, mangkok dan kismis.

Mainan untuk anak usia 1-2 tahun

Pada usia ini anak sebaiknya memiliki mainan untuk bereksperimen sederhana dan belajar permainan dengan orang lain, tujuannya adalah agar meningkatkan keterampilan berbicara dan bersosialisasi. Contoh mainannya seperti board book bergambar ilustrasi nyata sehari-hari (gambar orang, makanan, kendaraan umum dan hewan), bermain spidol dan kertas, Pegboards dan juga Puzzle.

Ayah dan Bunda juga dapat mengajak anak bermain pura-pura secara rutin dengan telepon mainan, boneka dan tempat tidur boneka/kereta dorong, aksesori berdandan (syal, dompet), hewan plastik dan mainan kendaraan plastik.

Yang perlu diperhatikan oleh Ayah dan Bunda dengan baik yaitu, mainan yang aman untuk si Kecil secara umum harus dibuat dengan baik tanpa adanya bagian yang tajam atau serpihan, dicat dengan bahan bebas timbal, tidak beracun, anti pecah dan mudah dibersihkan.

Sumber gambar: haibunda.com

Penulis: Aisyah