Jenis Makanan Sehat untuk Imunitas Si Kecil

Aqiqah Bdg – Sebagai orangtua, Ayah dan Bunda pastinya menginginkan si Kecil senantiasa sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. untuk itu, tentunya imunitas si Kecil pun harus diperhatikan, ya Ayah dan Bunda! Lalu, apa saja yang baik untuk di konsumsi oleh si Kecil untuk menjaga imunitasnya? Berikut beberapa penjelasannya!

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan sehat untuk si Kecil yang dapat menjaga imunitas karena mengandung berbagai zat gizi khususnya vitamin dan mineral, yang dibutuhkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh anak dari infeksi. Contohnya:

  1. Buah jeruk dan lemon yang kaya akan vitamin C. Vitamin C penting untuk menjaga kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan fungsi sistem daya tahan dan penyerapan zat gizi dalam tubuh. Dengan terserapnya zat gizi dengan optimal, kesehatan dan organ tubuh dapat berfungsi dengan normal dan kekuatan sistem daya tahan tubuh terjaga dengan baik.
  2. Buah beri seperti stroberi dan bluberi mengandung anthocyanin sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan imunitas.
  3. Buah pepaya yang selain kaya akan vitamin C juga enzim pencernaan bernama papain yang berperan dalam mencegah gangguan pencernaah yang secara tidak langsung dapat menjaga sistem imunitas.

Sayuran

Satu lagi alasan untuk membiasakan si Kecil mengkonsumsi sayuran, yaitu karena sayuran mengandung berbagai zat gizi khususnya zat gizi mikro yang baik bagi kesehatan anak. Contohnya:

  1. Brokoli yang kaya akan antioksidan termasuk vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas anak.
  2. Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam dan kale, kaya akan berbagai zat gizitermasuk vitamin B9, vitamin A, vitamin C, potassium, zat besi, serat, dan juga antioksidan. Berbagai zat gizi ini bekerja dengan cara yang berbeda untuk meningkatkan imunitas.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan sehat untuk si Kecil yang mengandung probiotik. Probiotik bekerja menjaga kesehatan pencernaan anak yang turut berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Selain yogurt, si Kecil juga bisa mendapatkan probiotik dari sumber lain seperti kefir atau makanan hasil fermentasi lainnya.

Aneka rempah dan tumbuhan obat

Bumbu rempah yang sering Ayah dan Bunda gunakan untuk menyiapkan makanan sehat untuk si Kecil juga dapat membantu membangun imunitas, lho! Misalnya seperti jahe, kunyit, bunga lawang, basil, dan kayu manis serta berbagai jenis tumbuhan obat lainnya secara alami memiliki fungsi anti radang atau anti inflamasi yang dapat menjaga kekuatan imunitas jika diolah dan disajikan dengan benar.

Berbagai makanan sumber protein

Berbagai makanan sumber protein, khususnya yang rendah atau tanpa lemak mengandung lebih banyak protein, yang berperan penting sebagai zat pembangun bagi tubuh dan membantu tubuh tetap kuat. Selain itu, makanan sumber protein juga mengandung zink yang dibutuhkan untuk mendukung fungsi normal sistem daya tahan tubuh untuk melawan infeksi.

Selain beberapa jenis makanan di atas, tentunya masih banyak jenis makanan lainnya yang baik bagi imunitas si Kecil. Oleh sebab itu, Ayah dan Bunda dapat menggunakan sumber pangan yang bervariasi dalam menyiapkan menu makanan sehat untuk si Kecil, agar gizi yang didapat si Kecil setiap hari menjadi seimbang.

Jangan lupa untuk membiasakan minum air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan si Kecil ya, Ayah dan Bunda!

Sumber gambar: ibudanbalita.com

Penulis: Aisyah