Ciri-Ciri, Cara Pengobatan, Pencegahan Gusi Bengkak pada Anak

Aqiqah Bdg – Ayah dan Bunda seringkali sulit untuk mengenali gejala sakit pada si Kecil, terlebih pada balita yang belum bisa berkomunikasi dengan baik.

Selain menjadi bertambah rewel dan tidak mau makan, ciri gusi yang bermasalah dapat diketahui dengan memperhatikan kondisi-kondisi berikut ini!

1. Bengkak 

Gusi membengkak dapat dikenali dari ukurannya yang lebih besar dibanding gusi lainnya.

2. Gusi Berwarna Merah 

Warna gusi yang bengkak akan menjadi lebih merah karena proses peradangan yang terjadi.

3. Berdarah 

Selain bengkak dan berwarna merah, terkadang gusi bengkak sering juga diikuti dengan gusi yang berdarah. Saat disentuh biasanya terasa lunak, juga terasa nyeri ketika berbicara atau mengunyah makanan. Tentu kondisi ini akan membuat anak tidak nyaman.

4. Bau Mulut

Karena proses infeksi ataupun peradangan yang berlangsung, anak akan merasa tidak nyaman pada mulut, juga dapat terasa pahit, asam, mulut kering dan lidah berwarna putih sehingga menyebabkan mulut terasa bau.

5. Sakit Gigi 

Infeksi atau radang yang sudah meluas ataupun justru awalnya berasal dari gigi dapat menyebabkan nyeri.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Mandiri

Sebelum memeriksakan anak ke dokter, Ayah dan Bunda bisa mencoba beberapa cara menangani rasa nyeri dan bengkak pada gusi si Kecil.

Berikut cara mengobati gusi bengkak si Kecil yang bisa dilakukan di rumah:

1. Berkumur dengan Air Garam 

Siapkan garam dengan takaran setengah sendok dan air hangat, lalu campurkan keduanya dan minta anak berkumur selama beberapa menit. Lakukan setiap dua jam sekali untuk membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

2. Kompres dengan Air Dingin atau Es 

Siapkan kain bersih lalu rendam dengan air dingin atau bungkus dengan es, selanjutnya letakkan kain yang dingin tersebut di area yang bengkak. Lakukan selama 10-15 menit untuk membantu mengurangi pembengkakan.

3. Konsumsi Makanan Sehat 

Makan saat gusi bengkak tentu tidak nyaman bagi anak tapi berikan pengertian bahwa penting untuk tetap mendapatkan nutrisi yang tepat dan makanan sehat. Hal ini untuk membantu pemulihan dari rasa sakit.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral seperti: sayuran, buah dan biji-bijian, pastikan juga anak tidak mengonsumsi makanan rasa manis atau asam sampai kembali sehat. Ayah dan Bunda bisa memilih makanan dengan tekstur yang lebih  lembut atau suhu dingin agar anak merasa nyaman saat makan.

4. Menjaga Kebersihan Gigi dan Gusi 

Ayah dan Bunda perlu memastikan anak menyikat giginya secara teratur dan benar sebanyak dua kali sehari. Jangan lupa juga bersihkan lidah si Kecil dengan menyikat secara lembut atau menggunakan kain lembut.

5. Berikan Obat Pereda Nyeri 

Jika si Kecil mengeluhkan rasa sakit kepala dan sakit gigi atau gusi yang cukup berat, Ayah dan Bunda bisa memberikan obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Berikan obat pereda nyeri tersebut sesuai dengan petunjuk.

Sumber: Mothercare.com

Penulis: Aisyah