Ciri Anak Stunting dan Cara Mencegahnya

Aqiqah Bdg – Ayah dan Bunda perlu untuk memastikan pertumbuhan serta perkembangan si Kecil sesuai dengan usianya. Dengan memantau tumbuh kembang si Kecil, Ayah dan Bunda dapat mencegah berbagai gangguan yang bisa dialami oleh si Kecil, salah satunya yaitu stunting.

Stunting adalah kondisi ketika pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan tinggi badan normal usianya akibat kekurangan nutrisi. Anak-anak yang mengalami kondisi stunting memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya.

Bukan hanya menyebabkan gangguan pada pertumbuhan tinggi badan si Kecil, tetapi stunting dapat memicu berbagai penyakit pada si Kecil yang memengaruhi imunitas tubuh dan perkembangan otak si Kecil. Nah, untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya Ayah dan Bunda mengetahui ciri dari stunting berikut ini!

  • Tinggi dan berat badan lebih kecil dibandingkan dengan anak seusianya.
  • Anak rentan mengalami gangguan pada tulang.
  • Mengalami gangguan tumbuh kembang.
  • Rentan mengalami gangguan kesehatan.
  • Terlihat lemas terus menerus.
  • Kurang aktif.

Itulah yang perlu Ayah dan Bunda waspadai terkait dengan stunting pada si Kecil. Pastikan Ayah dan Bunda melakukan pemeriksaan kesehatan si Kecil setiap 1 hingga 2 bulan sekali. Saat pemeriksaan berlangsung, tim medis juga akan mencari tahu perkembangan berat dan tinggi badan si Kecil secara berkala.

Ingat ya, Ayah dan Bunda sebaiknya jangan sepelekan masalah stunting pada si Kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, penurunan fungsi perkembangan saraf dan kognitif, hingga risiko peningkatan penyakit kronis saat anak beranjak dewasa.

Jadi, tidak ada salahnya jika Ayah dan Bunda melakukan berbagai pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari kondisi stunting berikut ini!

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Pastikan Ayah dan Bunda memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil. Memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil sudah harus dilakukan sejak si Kecil di dalam kandungan. Lakukan pola makan sehat selama Bunda menjalani kehamilan dan hindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol agar kesehatan bayi dalam kandungan tetap terjaga dengan baik.

Saat si Kecil dilahirkan, Bunda bisa memberikan ASI selama enam bulan pertamanya. Selanjutnya, pastikan Bunda memberikan MPASI yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan si Kecil.

Pastikan Kebersihan Terjaga

Selain memenuhi nutrisi, pastikan Ayah dan Bunda menjaga kebersihan lingkungan bermain dan tinggal si Kecil. Jangan lupa mengajarkan si Kecil untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan.

Perhatikan Pola Makan si Kecil

Stunting juga bisa dipengaruhi oleh masalah pola makan si Kecil. Pastikan Ayah dan Bunda memberikan si Kecil makan dengan cara yang tepat. Dengan begitu, si Kecil bisa memiliki perilaku makan yang baik sehingga kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.

Sumber gambar: Blue Band

Penulis: Aisyah