Kiat Sehat Tanpa Obat ala Rasulullah SAW, Yuk Simak!

Aqiqah Bdg – Ayah, Bunda. Bukan hal aneh lagi apabila dalam jangka waktu beberapa tahun ini semakin banyak orang bertanya, “Apakah ada cara alami mengobati tanpa obat?”. Sebutlan beberapa di antaranya dimulai dari mengatasi demam, batuk pilek dan berbagai penyakit lainnya pada anak.

Terutama di masa-masa yang cukup menyulitkan seperti saat ini dimana gagal ginjal akut tengah marak di kalangan masyarakat yang lebih banyak menyerang balita yang telah mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan yang memiliki zat-zat yang kandungannya diatas jumlah yang diperbolehkan.

Sehingga, hal tersebut pun telah banyak menyikat habis nyawa balita-balita yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit gagal ginjal akut.

Oleh sebab itu, tak jarang juga tudingan obat-obatan dokter sebagai obat kimia yang katanya justru malah memperparah penyakit yang diderita, bahkan hingga menimbulkan ketergantungan.

Nyatanya pelayanan kesehatan tidak selamanya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, terutama dalam situasi kondisi yang tengah marak kasus gagal ginjal akut yang disebabkan oleh beberapa jenis zat kimia tertentu.

Lantas, bagaimana solusinya jika Ayah dan Bunda jadi paranoid terhadap obat-obatan yang mengandung zat kimia yang tanpa sepengetahuan kita ternyata dapat menyebabkan ketergantungan bahkan disfungsi organ-organ dalam tubuh kita?

Berdasarkan info dari Seminar Kesehatan Ummahat dan Wali Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong pada Sabtu (05/11/22) yang bertajuk “Kiat Sehat Tanpa Obat” bersama Dr. Triana Agung yang merupakan salah satu di antara sekian banyaknya Dokter Umum di Rumah Sakit wilayah Bandung Barat, banyak sekali hal yang dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh.

Ayah Bunda bisa mulai coba terapkan beberapa kiat hidup sehat yang dilaksanakan Rasulullah SAW. Beberapa di antaranya adalah tidak bergadang, sering berpuasa, tidak mudah marah, menjaga kebersihan, menjaga pola makan, berolahraga, bersilaturahim dan berbekam.

Lantas, apakah ada sesuatu yang khusus yang kerap dikonsumsi oleh Rasulullah SAW supaya bisa menjaga daya tahan tubuhnya dan terhindar dari segala virus dan penyakit lainnya? Tentu ada! Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Buah Tin

Buah Tin adalah salah satu buah yang istimewa, karena kehadirannya disebut secara khusus dalam Al Quran Surat At-Tin.

Selain bermanfaat sebagai antrivirus, buah tin juga dapat menjaga kesehatan jantung, kulit, kadar gula darah, serta bersifat antikanker.

2. Kurma

Rasulullah SAW menjadikan kurma sebagai alternatif obat herbal alami. Selain memiliki rasanya yang manis, kurma juga dipercaya sebagai penawar racun, mengobati sakit tenggorokan, demam hingga katarak mata.

3. Madu

Tercantum dalam QS. An-Nahl ayat 68-69 bahwa madu juga dapat menyembuhkan penyakit manusia.

Madu juga dapat membersihkan kotoran yang berada dalam tubuh kita, kemudian kadar flavonoidnya yang tinggi dapat mendukung imunitas dan mencegah tubuh terkena berbagai penyakit dan virus berbahaya.

4. Habbatussauda

Rasulullah SAW juga menjadikan Habbatussauda sebagai herbal alami andalan untuk menjaga imunitas dan mengobati berbagai penyakit kecuali as-sam (kematian).

Nah, itulah beberapa informasi mengenai bagaimana caranya dan apa saja yang patut kita konsumsi dalam “Kiat Sehat Tanpa Obat Ala Rasulullah SAW”.

Sumber gambar: kompas.com

Penulis: Elis Parwati