Manfaat Menonton Film untuk Si Kecil

Aqiqah Bdg – Berbicara mengenai film, pernahkah Ayah dan Bunda merasa terganggu saat tengah menonton bioskop dan terdapat suara tak enak didengar dari seorang anak kecil?

Jika iya, alangkah lebih baiknya jika hal tersebut dijadikan sebagai pelajaran, karena bahwasanya, ketika menonton film kita tidak ingin ada gangguan dari manapun. Apalagi, jika film yang ditayangkan tidak sesuai dengan usia sang anak.

Maka dari itu, terciptalah teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin menonton film dimana saja. Jika Ayah dan Bunda ingin memberikan hiburan kepada si Kecil berupa tontonan, maka jangan ragu untuk melakukannya. Karena, menonton film dapat memberikan manfaat kepada si Kecil, lho! Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Fokus dan Kesadaran

Dengan menonton film, si Kecil akan menjadi lebih fokus dan sadar terhadap hal-hal yang disekitarnya. Hal ini karena biasanya film mengangkat cerita mengenai berbagai isu seperti sejarah, budaha, negara, atau bahasa yang biasa terjadi sehari-hari.

Hal tersebut akan membantu membuka wawasan si Kecil dan membuatnya sadar dan memperhatikan apa yang ada di sekitarnya.

2. Memberikan Anak Inspirasi

Setiap film biasanya memiliki kisah unik tersendiri. Dengan menonton film ini dapat mendorong si kecil untuk melakukan hal-hal positif yang ditampilkan dalam film. Selain itu, misalnya tokoh utama memiliki sifat yang pantang menyerah, akan membuat si Kecil terinspirasi dan melakukan hal yang sama.

3. Mengembangkan Keterampilan Kognitif

Menonton film dalam membantu mengembangkan berbagai keterampilan kognitif pada si Kecil. Berbagai keterampilan kognitif tersebut seperti, ingatan jangka panjang, melatih fokus, mengasah pola pikir berdasarkan logika, proses visual, serta pendengaran.

4. Mengembangkan Keterampilan Linguistik

Dalam film akan banyak kosakata yang mungkin belum si Kecil ketahui. Hal ini akan membantu memperluas kosakata dan cara pelafalan terhadap si Kecil. Selain itu, Ayah dan Bunda juga dapat menjelaskan arti dari kata tersebut. Jika film yang ditonton menggunakan bahasa asing, si Kecil juga dapat mempelajarinya. Si Kecil akan membaca terjemahan dan apa yang diucapkan dalam film akan membuatnya mengerti kata A memiliki arti B.

5. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Dalam film biasanya menunjukkan berbagai hal visual serat pengetahuan yang bisa membantu terhadap imajinasi dan kreativitas dalam dirinya. Visual yang disajikan kerap kali membuat si Kecil ingin membuat karya yang yang terinspirasi dari film tersebut. Dalam hal ini biasanya si Kecil akan membuatnya dengan versi miliknya sendiri. Dengan begitu, tingkat kreativitas anak juga akan meningkat.

6. Menghibur dan Membuat Anak Menjadi Bahagia

Menonton film akan membuat si Kecil menjadi bahagia. Apalagi jika aktivitas yang dilakukannya cukup melelahkan. Film dapat menjadi sarana untuk istirahat bagi tubuh dan otaknya. Menonton film ini sendiri juga akan melepaskan hormon stres dan menggantinya dengan endorfin. Hormon endorfin memiliki fungsi untuk membuat si Kecil menjadi lebih bahagia.

Namun, perlu diingat film yang ditonton oleh si Kecil sendiri juga harus disesuaikan dengan usianya ya, Ayah dan Bunda!

Sumber gambar: lifestyle.kompas.com

Penulis: Aisyah