fbpx

Aqiqah di Bandung, Cimahi, Padalarang dan Cileunyi

aqiqah di bulan ramadhan, aqiqah ramadhan, aqiqah bulan ramadhan

Aqiqah di Bulan Ramadhan

Melaksanakan syukuran Aqiqah di Bulan Ramadhan sesungguhnya akan mendapat pahala berlipat yaitu Ibadah Aqiqahnya dan mendapatkan pahala karena memberi makan orang yang sedang shaum. Sebagaimana dijelaskan dalam satu hadis Nabi:

“Barang siapa memberi makan pada orang yang shaum maka untuknya pahala shaum tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala yang sedang shaum.” (At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Darimi).

Al Hilal menyiapkan akikah Di Bulan Ramadhan untuk disantap saat berbuka. Karena memberi makan orang yang shaum adalah Ibadah yang sangat dianjurkan.

Masakan aqiqah kami kirim ke alamat yang Ayah dan Bunda minta atau bisa juga dibagikan untuk disalurkan ke panti-panti dan Yayasan-yayasan.

Baca Juga: Paket Aqiqah Nasi Kotak Bandung

Allah SWT berfirman:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan serta melapangkan (rezeki). Dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (Al-Baqarah: 245)

Dari Sahabat Anas ia berkata: Nabi Muhammad SAW ditanya. Apakah shaum yang paling utama setelah bulan Ramadhan? Lalu beliau bersabda: Puasa Sya’ban karena untuk mengagungkan bulan Ramadhan. Lalu dikatakan: Shadaqah apakah yang paling utama? beliau bersabda: shadaqah di bulan Ramadhan (Tirmidzi).

Hadits di atas secara implisit menerangkan keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan. Sedekah sendiri pada hadits di atas maknanya bisa beragam.

  • Shadaqah bisa diartikan zakat yang adalah kewajiban setiap muslim.
  • Ada juga sedekah yang berarti infak yang bentuknya lebih umum, yang maknanya bukan hanya bersifat materi. Bisa juga perkataan, perbuatan, gerak, dan lain sebagainya.
  • Dan juga shadaqah berbentuk ibadah amal shaleh seperti memberi makan (ifthar) atau sahur kepada orang yang sedang shaum.

Shadaqah pada bulan Ramadhan justru lebih afdhal dibanding bulan lainnya. Nabi Muhammad SAW sendiri menyebutnya dengan bulan saling tolong menolong dan peduli (muwasah).

Nabi Muhammad SAW saat bulan Ramadhan sangat dermawan, karena bulan inilah tepatnya malaikat Jibril menemuinya.

Dari Ubadah bin AshShamit, bahwa Rasulullah bersabda:

“Telah datang padamu bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan, AIlah mengunjungimu saat bulan ini dengan menurunkan rahmat-Nya, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a-do’a. Allah melihat banyak berlomba-lomba kamu pada bulan ini dan membanggakanmu (mukmin) pada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah pada Allah hal-hal terbaik dari dirimu. Karena orang yang sengsara yaitu yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ramadhan. ” (HR.Ath-Thabrani, dan para periwayatnya terpercaya).

Bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk merayakan kelahiran berupa syukuran aqiqah.

Dengan beraqiqah di bulan Ramadhan ayah dan bunda akan berkumpul dengan saudara dan tetangga yang sekaligus menjadi ajang silaturrahim. Sehingga nantinya Ibadah Aqiqah akan terasa begitu Nikmat dan Indah, insyaAllah.

“Aqiqah di Bulan Ramadhan, Pahala Berlimpah di Bulan Berkah”

Untuk lebih memudahkan ibadah Aqiqah, kami bisa membantu dalam layanan aqiqah di bandung dan sekitarnya. Cukup menghubungi no kami di

0877 0034 7724

Recent Posts

aqiqah cimahi, aqiqah bandung 2019
Aqiqah Gedebage Alhilal

Layanan Aqiqah Gedebage