fbpx

Aqiqah di Bandung, Cimahi, Padalarang dan Cileunyi

Aqiqah dan qurban mana yang didahulukan, Penting mana aqiqah sama qurban, Apa hukumnya orang qurban tp blm aqiqah, hukum aqiqah dan qurban bersamaan, perbedaan aqiqah dan qurban, dahulukan mana aqiqah apa qurban, hukum aqiqah dibarengkan qurban, hikmah qurban dan aqiqah

Aqiqah atau Qurban Dulu?

Bila kita sampai dewasa belum diaqiqahi, manakah yang harus didahulukan antara Aqiqah atau Kurban?

Sebenarnya dalam ibadah aqiqah dan kurban memiliki persamaan yaitu hukumnya sama-sama sunnah (madzhab Syafi’i) selama bukan nadzar, selain itu kedua ibadah ini memiliki aktifitas penyembelihan hewan yang sudah memenuhi syarat.

Adapun perbedaan yang mencolok yaitu pada waktu pelaksanaannya.

Kurban hanya bisa dilaksanakan pada bulan DzulHijjah, sementara aqiqah dilaksanakan saat hari ke tujuh kelahiran seorang bayi.

Pada dasarnya aqiqah merupakan hak anak atas orang tuanya, artinya sunnah menyembelih hewan aqiqah ditekankan pada orang tua bayi.

Khususnya yang diberi keluasan rezki untuk berbagi kebahagiaan rangka menyambut kelahiran anaknya.

Sesuai sabda Nabi Muhammad saw:

 مَعَ الغُلاَمِ عَقِيقَةٌ

Artinya: aqiqah menyertai lahirnya seorang bayi (HR. Bukhari).

Para ulama memberi kelonggaran yakni pelaksanaan aqiqah dibebankan pada orang tua sampai anaknya tumbuh dewasa dan baligh.

Setelah itu, anjuran aqiqah tak menjadi beban orang tua melainkan sudah jadi tanggungan anak tersebut untuk melaksanakan aqiqah diri sendiri atau meninggalkannya.

Melaksanakan aqiqah setelah dewasa lebih baik dari pada tidak melaksanakanya.

Lalu bagaimana dengan pertanyaan, manakah yang harus didahulukan antara kurban dan aqiqah?

Menurut hemat kami jawabannya adalah tergantung situasi dan kondisi.

Apabila mendekati hari raya Idul Adha seperti bulan-bulan sekarang ini, maka sebaiknya mendahulukan ibadah kurban dari pada malaksanakan aqiqah.

Kalaupun diberi keluasan rezeki maka lebih afdhal dan berpahala melaksanakan kedua-duanya.

Kami tidak menyarankan menyatukan dua niat dalam satu ibadah, niat aqiqah dan qurban.

Memang ada yang membolehkan menyatukan dua niat. Tapi jika kita bersabar, maka Allah akan memberi rezeki untuk melaksanakan dua ibadah ini (qurban dan aqiqah).

Jika memaksakan menyatukan dua niat maka akan ada masalah pada pembagian dagingnya.

Daging kurban lebih afdhal jika dibagikan dalam kondisi mentah, sementara aqiqah boleh dibagikan dalam kondisi siap saji. Wallahu a’lam bisshawab.

Aqiqah dan qurban mana yang didahulukan,Penting mana aqiqah sama qurban, Apa hukumnya orang qurban tp blm aqiqah, hukum aqiqah dan qurban bersamaan, perbedaan aqiqah dan qurban, dahulukan mana aqiqah apa qurban, hukum aqiqah dibarengkan qurban, hikmah qurban dan aqiqah

Recent Posts

aqiqah cimahi, aqiqah bandung 2019
Aqiqah Gedebage Alhilal

Layanan Aqiqah Gedebage