Aqiqah di Bandung, Cimahi, Padalarang dan Cileunyi

4 Catatan Prosesi Aqiqah Saat Syukuran Aqiqah

4 Catatan Prosesi Aqiqah Saat Syukuran Aqiqah

Berikut ini catatan tentang prosesi aqiqah yang biasa ada ketika syukuran aqiqah

Diantaranya sebagai berikut.

4 Catatan Prosesi Aqiqah Saat Syukuran Aqiqah Anak diantaranya :

Prosesi aqiqah yang pertama, yaitu menyebarkan undangan aqiqah untuk keluarga dan tetangga

Prosesi aqiqah ini bertujuan untuk mengundang tamu yaitu keluarga, tetangga dan kerabat. Supaya ikut mendoakan saat syukuran aqiqah nanti.

Prosesi aqiqah yang kedua, sambutan keluarga (orang tua bayi) yang beraqiqah

Saat syukuran aqiqah dimulai (hari H), maka seperti biasa keluarga yang mengaqiqahkan anaknya memberi sepatah dua patah kata, sedikit sambutan aqiqah

Prosesi aqiqah ketiga, pemberian nama anak sekaligus mencukur rambut bayi yang diaqiqahkan

Menurut pandangan beberapa ulama memotong atau mencukur rambut bayi hukumnya sunnah muakkadah.

Mencukur rambut bayi ini dilakukan baik bayi laki-laki ataupun bayi perempuan.

Pelaksanaan cukur bayi ini dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran. Dan lebih afdhal bila dilaksanakan bersamaan dengan pemotongan domba/kambing aqiqah.

Hal ini, sudah termaktub dalam hadis  Rasulullah SAW: “Setiap yang dilahirkan tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan dicukur rambutnya serta diberi nama”.

Dalam keterangan lainnya Nabi SAW bersabda: “Hilangkan darinya kotoran”. Imam Ibnu Sirin mensyarah hadis tersebut, ia berkata: “Yang dimaksud dengan kotoran tersebut ialah mencukur rambut, namun aku tidak mengetahui secara pasti apa maksudnya dengan hadis tersebut”

Mengenai keutamaan ketika mencukur rambut bayi saat aqiqah, Ibnu Al-Qoyyim berkata: “Mencukur rambut adalah melaksanakan sunnah Rasulullah SAW untuk menghilangkan kotoran.”

Dengan mencukur maka kita membuang rambut yang jelek/lemah dengan rambut yang kuat, maka nanti akan lebih bermanfaat bagi kepala karena lebih meringankan kepala si bayi.

Mencukur rambut bayi pun sangat berguna untuk membuka lubang pori-pori yang ada di kepala supaya gelombang panas bisa keluar dengan mudah, hal ini nantinya bermanfaat untuk menguatkan indera penglihatan, penciuman dan pendengaran si bayi.

Setelah rambut dipotong maka kemudian ditimbang, lalu disunnahkan untuk bersedekah dengan perak yang sesuai dengan berat timbangan rambut bayi tersebut.

Ini berdasar pada hadis sabda Rasulullah SAW pada puterinya Fatimah RA: “Hai Fatimah, cukurlah rambutnya kemudian bersedekahlah dengan perak sesuai dengan berat timbangan rambut bayi tersebut pada fakir miskin.

Dalam mencukur rambut, penting untuk memperhatikan larangan Rasulullah SAW. Yaitu larangan mencukur rambut dengan gaya Al-Qaz’u. Al-Qaz’u adalah mencukur sebagian rambut dan membiarkan yang lainnya .

Ada sejumlah gaya mencukur rambut yang termasuk Al-Qaz’u tersebut:

  • Mencukur rambut secara acak-acakan tidak beraturan.
  • Mencukur rambut yang tengahnya saja kemudian membiarkan rambut di sisi kepalanya.
  • Mencukur rambut bagian sisinya saja lalu membiarkan bagian tengahnya
  • Mencukur rambut bagian depan lalu membiarkan bagian belakan ataupun sebaliknya.

Prosesi Aqiqah Keempat, Pembagian Olahan Daging Matang Aqiqah

Dalam prosesi ini layaknya undangan syukuran, maka disajikan hasil olahan dan sembelihan hewan aqiqah, atau jika sudah lengkap dalam bentuk nasi kotak aqiqah maka akan lebih mudah dibagikan pada para tamu undangan syukuran aqiqah.

Aqiqah Bandung Alhilal

Layanan Aqiqah Bandung Buka dari jam 8.00 sampai 16.00 WIB Kantor Aqiqah Al-Hilal: Jl. Desa Cipadung No. 47 Cibiru Bandung

TELP/SMS/WA: 0877 0034 7724 

Layanan aqiqah Bandung – Buka dari jam 08.00-16.00 WIB

Recent Posts

aqiqah cimahi, aqiqah bandung 2019
Aqiqah Gedebage Alhilal

Layanan Aqiqah Gedebage