Si Kecil Takut Keramaian? Yuk Siapkan Ini Sebelum Lebaran!

Aqiqah Bdg – Pertemuan keluarga pada saat momen lebaran merupakan hal yang amat ditunggu-tunggu. Ayah dan Bunda tentunya menantikan masa-masa tersebut untuk melepas rasa rindu dengan keluarga besar.

Namun, seiring bertambahnya usia, kini Ayah dan Bunda harus berkumpul bersama keluarga dengan membawa si Kecil. Dengan membawanya pergi, Ayah dan Bunda harus tahu dan siap dengan anak yang semakin aktif.

Lantas, bagaimana agar semuanya lancar saat Ayah dan Bunda mengajak si Kecil untuk bersilaturahmu? Yuk simak beberapa cara yang dapat Ayah dan Bunda lakukan berikut ini!

1. Pastikan Fisik dan Psikis Anak Sehat

Kondisi tubuh dan psikis anak harus berada dalam kondisi yang fit saat akan bertemu dengan orang banyak atau keluarga besar saat Lebaran, karena jika si Kecil kurang sehat, maka ia akan menjadi lebih rewel dari biasanya.

2. Siapkan Pakaian Anak yang Aman & Nyaman

Dalam pertemuan keluarga besar yang terdiri dari banyak orang penting untuk kita bahkan si Kecil mengenakan pakaian yang nyaman, misalnya yang menyerap keringat, tidak terlalu banyak aksesoris dan tidak terlalu sempit ukurannya, ya.

3. Ajarkan Sopan Santun

Kebiasaan sopan dimulai dengan Ayah dan Bunda mencontohkan terlebih dahulu, misalnya ketika bertemu orang, ajari si Kecil untuk menyapa, bersalaman dan tersenyum. Kemudian bisa mengajak si Kecil melakukan hal tersbeut secara perlahan tapi tidak memaksa.

4. Buat Jadwal Aktivitas Anak saat Lebaran

Walaupun di tengah padatnya silaturahim bersama keluarga, tetapi tidak ada salahnya, loh mempersiapkan jadwal si Kecil, karena tetap penting bagi pertumbuhannya. Misalnya Ayah dan Bunda menetapkan jam 10 bermain, jam 12 anak tidur siang jam 2 makan siang jam 4 minum susu dan seterusnya.

5. Jangan Tinggalkan Anak

Ketika baru mengenalkan orang atau mengajak si Kecil di tengah banyak orang, jangan tinggalkan ia dampingi dan jaga kontak fisik dengan si Kecil saat bertemu orang baru. Gandeng tangannya atau minta si Kecil duduk di pangkuan di dekat orang-orang baru.

Sumber: Haibunda.com

Penulis: Aisyah