Bolehkah Bumil Mengkonsumsi Mie Instan

Aqiqah Bdg – Mie instan merupakan salah satu makanan favorit yang diminati banyak warga Indonesia. Selain karena penyajiannya yang sangat praktis anti ribet, mie instan juga memiliki banyak varian yang begitu menggugah selera karena rasanya yang juga lezat dan gurih. Apalagi di tengah musim penghujan seperti saat ini.

Akan tetapi, tahukah Ayah Bunda? Di samping hal tersebut kita perlu mengingat kembali, dibalik rasanya yang begitu menggugah selera, ternyata mie instan tidak termasuk ke dalam daftar makanan yang sehat untuk dikonsumsi secara rutin.

Bila ditelusuri lagi lebih dalam komposisinya, mie instan terbuat dari bahan-bahan berupa tepung sama seperti bahan dasar mie jenis lainnya.

Meskipun pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengklaim bahwa mie instan cukup aman dikonsumsi. Perlu diperhatikan bahwa apabila kita mengkonsumsi mie instan dalam jumlah porsi yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh kita. Akibatnya kita bisa saja mengalami berbagai masalah dimulai dari masalah pencernaan hingga penyakit bahaya lainnya.

Dalam studi “Journal Nutrition”, dikatakan bahwa jika kita mengkonsumsi mie instan sebanyak 2 kali dalam waktu seminggu, hal tersebut memungkinkan tubuh kita terserang sindrom metabolik.

Secara sederhana, sindrom metabolik bisa dikatakan sebagai beberapa penyakit yang terdiri dari hipertensi, kolesterol, gula darah tinggi, lemak yang akan mengendap di bagian perut hingga meningkatnya kadar triglliserida.

Segala jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh bumil tentunya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin yang sedang dikandung.

Sebagai contohnya, kandungan garam dan kandungan sodium yang terlalu tinggi dan besar dalam satu kemasan mie instan bisa memberikn pengaruh terhadap tingkat tekanan darah bumil. Sehingga, bumil akan mengalami tekanan darah tinggi. Hal tersebut tentunya akan berbahaya untuk ibu dan buah hati atau janin dalam kandungan ibu.

Jika membahas berapa jumlah atau sebanyak apa jumlah mie instan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, sebetulnya hingga saat ini pun tidak ada aturan khusus. Namun, jangan jadikan ketiadaan batasan konsumsi tersebut menjadi alasan kita untuk terus mengkonsumsi mie instan hingga melampaui batasan yang tidak wajar.

Lantas bagaimana jika bumil ngidam makan mie instan? Bolehkah bumil mengkonsumsi mie instan?

Sebetulnya hal tersebut sah sah saja, asalkan dikonsumsi dalam batasan tertentu. Mie instan adalah makanan olahan. Oleh sebab itu, bumil harus memperhatikan jumlah porsinya jika memang sangat ingin mengkonsumsinya. Sebaiknya bumil tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, ya!

Nah, itulah ulasan mengenai “Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?”. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mie instan boleh dikonsumsi oleh bumil asalkan dalam batasan wajar.

Agar gizi bumil seimbang, teruslah konsumsi makanan bernutrisi dan sehat seperti buah-buahan, sayuran dan makanan lainnya.

Sumber gambar: selebrities.id

Penulis: Elis Parwati