Cara Mengajarkan Si Kecil Bersedekah Sejak Dini

Aqiqah Bdg – Mengajarkan si Kecil untuk senantiasa berbuat kebaikan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh Ayah dan Bunda. Salah satu yang harus Ayah dan Bunda ajarkan untuk si Kecil yaitu sedekah.

Mengajari si Kecil untuk bersedekah sejak dini dapat memberikan stimulasi agar kelak ia dapat terbiasa untuk berbuat baik kepada orang yang membutuhkan. Karena, hasrat ingin memberi terhadap sesama tak bisa datang dengan sendirinya.

Lantas, bagaimanakah cara agar si Kecil mudah untuk memahami pembelajaran mengenai sedekah? Berikut tips yang dapat Ayah dan Bunda lakukan untuk mengajari si Kecil belajar untuk bersedekah.

1. Mengenalkan si Kecil pada Empati

Anak kecil mungkin tidak menyadari bahwa memberikan rasa empati atau belas kasih kepada orang lain itu penting hukumnya. Maka dari itu, peran Ayah dan Bunda sangat berpengaruh disini. Ayah dan Bunda dapat melakukannya dengan memberi contoh, jika ia melakukan tindakan yang sedikit kasar: “Tolong jangan pukul aku, soalnya aku kesakitan kalau di pukul” dan lain sebagainya.

2. Ajarkan si Kecil Bersedekah dengan Memberi Contoh

Cara yang paling mudah untuk anak belajar yaitu dengan memberikannya visualisasi. Ayah dan Bunda dapat bersedekah di depan si Kecil sebagai contoh bahwa ia pun harus melakukannya.

3. Bicarakan mengenai Pentingnya untuk Bersedekah

Ayah dan Bunda harus membicakan mengenai pentingnya untuk bersedekah kepada si Kecil. Misalnya, dengan berkata bahwa “kita tidak perlu makan di restoran terus ya, karena dengan uang itu kita dapat memberi makan orang-orang miskin”.

4. Eksplorasi Cara Sedekah yang Berbeda

Ada banyak cara untuk mengeksplor sedekah, seperti diantaranya yaitu memberikan bingkisan untuk anak yatim, mengikuti gerakan penderita kanker, atau berwakaf di beberapa lembaga.

5. Ajarkan si Kecil Bersedekah mulai dari Lingkungan Terdekat

Cara paling ampuh untuk mengajari si Kecil untuk bersedekah yaitu dengan dimulai dari lingkungan terdekat. Si Kecil dapat bersedekah berupa makanan, pakaian atau mainan kepada kakak, adik ataupun sanak saudaranya.

6. Mengunjungi Panti Asuhan

Rasa empati dapat cepat timbul dengan melihat langsung objek sasaran, seperti melihat kondisi anak yatim piatu. Hal tersebut dapat memberikan stimulasi kepada si Kecil untuk senantiasa bersedekah.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk menanamkan kebiasaan bersedekah kepada si Kecil sejak dini. Insya Allah, sedikit demi sedikit dengan bimbingan Ayah dan Bunda, si Kecil dapat menjadi sosok yang dermawan serta membanggakan tentunya. Selamat mencoba ya, Ayah dan Bunda!

Sumber gambar: islam.nu.or.id

Penulis: Aisyah