fbpx

Aqiqah di Bandung, Cimahi, Padalarang dan Cileunyi

Testimoni Aqiqah 19 September 2018

Kami ucapkan selamat kepada Ayah Sujarwanto dan Bunda Tri Purwanti  atas kelahiran Putrinya yang bernama Annisa Rahmania Rizqy. | Aqiqah Bandung

Jazakumullah khairan katsira karena sudah mempercayakan ibadah aqiqah putrinya yang bernama Annisa Rahmania Rizqy kepada kami.  | Aqiqah Bandung

Semoga menjadi anak yang Sholehah, menjadi penyejuk hati bagi kedua orangtuanya serta bermanfaat bagi orang-orang di sekelilingnya.

Selain beraqiqah keluarga Ayah Sujarwanto pun membagikan paket nasi kotak pada panti yatim Alhilal, mudah-mudahan Allah memberi ganjaran yang berlipat.  Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.

PROSESI IBADAH AQIQAH

Sebagaimana walimatul ursy dan walimatul khitan pada umumnya, pesta aqiqah jika dilakukan dengan mengundang sanak keluarga, para family dan tetangga.

Tentu saja segala sesuatunya harus ditata sedemikian rupa agar tidak mengotori makna aqiqah yang merupakan sunnah Rasul. Semuanya harus dilakukan dengan islami, baik pengaturan tempat duduk, cara berpakaian, maupun tata cara makan.

Sebaiknya supaya menambah nilai spiritual aqiqah dalam rangkaian acara aqiqah ini selipkanlah tausiah tentang agama.

Materinya bisa tentang pendidikan anak, kewajiban anak terhadap orang tua, tanggung jawab orang tua terhadap anak da sebagainya.

Secara berurutan prosesi aqiqah itu meliputi: memangkas rambut, memberi nama, menyembelih kambing dan makan bersama.

1. Memangkas rambut.

Diawali dengan membaca bismillah dan arah memangkas rambut dari sebelah kanan ke kiri. Harus dipangkas bersih, tidak boleh belang-belang.

Sepeti sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra bahwa: “Nabi Saw melihat seorang bayi laki-laki yang dipangkas sebagian kepalanya dan ditinggalkan yang lainnya. Maka beliau melarang melakukan hal itu dan bersabda: pangkaslah olehmu atau tiggalkan seluruhnya. ”

Hal tersebut dilakukan karena Rasulullah SAW menginginkan seorang muslim bisa tampil ditengah-tengah masyarakat dengan penampilan yang layak.

Sedangkan memangkas sebagian rambut dan membiarkan bagian yang tumbuh bertentangan dengan kehormatan dan keindahan penampilan seorang muslim.  | Aqiqah Bandung

Rambut hasil pangkasan kemudian ditimbang dan nilainya disedekahkan. Maksudnya, setelah bayi dipangkas, semua rambutnya ditimbang. Berat timbangan tersebut kemudian diganti dengan perak atau emas.

Nilai tukar emas atau perak tersebut bisa diwujudkan uang sesuai dengan harga emas atau perak dipasaran, lalu disedekahkan kepada fakir miskin atau anak yatim. Selesai ditimbang kemudian rambut tersebut ditanam didalam tanah.

Ada beberapa dalil yag menjadi dasar praktik tersebut diantaranya:

Imam Malik meriwayatkan hadist dari ja’far bin Muhammad dari ayahnya. Ia berkata: Fatimah ra. menimbang rambut Hasan, Husein, Zainab dan Ummu Kultsum, lalu berat timbangan rambut tersebut diganti dengan perak dan disedekahkan.” Ibnu Ishaq meriwayatkan hadist dari Abdullah bin Abu Bakar, dari muhammad bin Ali bin Husain ra, ia berkata: Rasulullah melaksanakan aqiqah berupa seekor kambing untuk Hasan. Beliau bersabda,”Fatimah pangkaslah rambutnya”. Fatimah kemudian menimbangnya dan timbangannya mencapai ukuran perak seharga satu dirham atau setengah dirham” | Aqiqah Bandung

2. Memberi nama anak dengan yang baik-baik

Dalam pandangan agama, nama berfungsi sebagai Do’a. Secara tak sadar seseorang akan terdorong untuk memenuhi citranya yang terkandung dalam nama.

Hadist Rasululloh yang artinya “Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak kalian, maka baguskanlah namamu”. (HR Muslim).

3. Menyembelih Hewan Ternak (kambing, domba, sapi dan lain lain)

Penyembelihan mesti sesuai syariat . Rasululah SAW bersabda yang artinya “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim).  | Aqiqah Bandung

Tata cara penyembelih hewan aqiqah yang sesuai yaitu sebagai berikut:

  • Asah pisau hingga benar-benar tajam.
  • Ikat hewan dengan tali.
  • Baringkan hewan dengan perut kiri menempel ke tanah, sehingga tangan kiri orang yang menyembelih berada disebelah kepala hewan dan kepala hewan ada disebelah selatan.
  • Harus menghadap kiblat.
  • Bacalah do’a
  • Pisau ditekan sangat kuat ke leher hewan, hingga saluran pernafasan dan saluran makanan benar-benar putus.
  • Penyembelihan dapat dilakukan sendiri atau diwakilkan orang lain.
  • Yang menyembelih mesti dalam keadaan sehat dan muslim.  | Aqiqah Bandung

Recent Posts

aqiqah cimahi, aqiqah bandung 2019
Aqiqah Gedebage Alhilal

Layanan Aqiqah Gedebage